Kamis, 07 Februari 2013

Resume TIK



Resume Teknologi Komunikasi dan
 Informasi Dalam Pendidikan



 

Oleh :

Sitti Supiyati
7516120282




PROGRAM PASCASARJANA
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
2012



1.           PERGESERAN PARADIGMA PENDIDIKAN
Pendidikan Bukan hanya sebatas pemahaman singkat terhadap sesuatu, tapi lebih merupakan proses penguasaan ilmu pengetahuan yang fungsional berdasarkan kerangka fikir ilmia. Pergeseran paradigma pendidikan ditandai dengan perubahan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kurikulum, Pendekatan Pembelajaran dari Teacher Center Learning (TCL) ke Student Center Learning (SCL), Strategi Pembelajaran.
Perubahan kurikulum dari Kurikulum Nasional 1994 (yang berorientasi pada penguasaan pengetahuan, keterampilan dan sikap sesuai target kurikulum program studinya, dan penilaian oleh perguruan tinggi sendiri) ke Kurikulum Berbasis Kompetensi (yang berorientasi pada pengusaan kompetensi di bidang pekerrjaan tertentu sesuai dengan kurikulum bidang studinya, dan penilaian oleh masyarakat pengguna lulusan) diharapkan dapat memberikan perubahan ke arah yang positif dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, dunia kerja, profesional (sesuai dengan bidang ahlinya) dan generasi masa depan yang lebih baik.
Ciri-ciri Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK):
1.    Menyatakan secara jelas bahwa KOMPETENSI sebagai keluaran proses pembelajaran .
2.    Materi ajar dan proses pembelajaran didesain berorientasi pada pencapaian kompetensi dan berfokus pada minat peserta didik.
3.    Penilaian hasil belajar ditekankan pada kemam-puan unjuk kerja (melakukan sesuatu).
4.    Disusun oleh penyelenggara dan pihak-pihak yang berkepentingan terhadap lulusan.
5.    Merupakan INTEGRASI dari penguasaan ranah kognitif, psikomotorik dan afektif.
Kompetensi dalam tujuan pendidikan saat ini hanya difokuskan pada satu domain saja, yaitu domain kognitif, sedangkan domain afektif dan psikomotorik hanya beberapa persen saja. Maka, perlu dilakukannya beberapa perubahan, agar ketiga domain dapat terpenuhi dengan seimbang. Salah satunya dengan diadakannya pergeseran pendekatan dalam pembelajaran dari TCL ke SCL.
Ciri-Ciri Pembelajaran SCL(Student Centre Learning)
Ø  Guru/ Dosen dan peserta didik  secara aktif bersama sama membangun pengetahuan
Ø  Guru/Dosen lebih berperan sebagai fasilitator yang membimbing  peserta didik  belajar dari pada  pemberi informasi 
Ø  Belajar bukan hanya penguasaan materi per-kuliahan tetapi juga diarahkan pada pengem-bangan karakter  mahasiswa agar  menjadi pebelajar sepanjang hayat.
Ø  Belajar dan evaluasi dilakukan secara berta-hap dan terintegrasi (Pendekatan Proses)
Ø  Belajar merupakan proses  pengembangan pengetahuan. Jawaban salah terhadap suatu pertanyaan dianggap bagian dari belajar 
Ø  Proses belajar lebih kolaboratif & kooperatif
Ø  Belajar dapat dilakukan dimana & kapanpun
Ø  Belajar diarahkan pada pencapaian kompe-tensi mahasiswa melalui proses, penemuan  dan pemecahan masalah
Ø  Belajar diarahkan pada  pembelajaran ber-basis aneka sumber belajar
Ø  Proses pembelajaran cenderung mengguna-kan pendekatan interdisiplin
Ø  Proses pembelajaran difasilitasi mengguna-kan multimedia / TIK.



Peranan Guru Dan Dosen
v  Merumuskan tujuan/kompetensi pembelajaran
v  Menyediakan dan  memberikan  pengalaman belajar sesuai  dengan  tuntutan kompetensi
v  Menciptakan pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan
v  Mengecek perkembangan belajar peserta didik secara pribadi
v  Mendorong pesert berfikir kritis, kreatif dan kemampuan memecahkan masalah
v  Menjelaskan tentang norma, aturan, standar, sistem nilai, dan etika  yang berkaitan dengan mata pelajaran/kuliah.  
Perubahan Standar Kompetesi Lulusan (SKL) mengakibatkan perubahan strategi pembelajaran sesuai dengan SK Mendiknas No. 045/U/2002. Strategi pembelajaran yang digunakan pada harus lebih menyenangkan, bermakna, memberdayakan aneka sumber dan berorientasi pada T.I. agar hasil dari pembelajaran akan menjadi lebih baik dan memenuhi semua aspek dari tujuan pembelajaran itu sendiri.

2.           PEMBELAJARAN BERBASIS TIK
Pembelajaran berbasis TIK adalah suatu pendekatan dalam pembelajaran yang mengoptimalkan penggunaan  teknologi informasi dan komunikasi sebagai sumber belajar dan sebagai medium penyampaian pesan dalam pembelajaran.
Perkembangan pembelajaran berbasis TIK diawali dari oral, lambang dan bunyi-bunyian, kemudian beralih ke cetak, audio dan visual, kemudian menjadi audio-visual, interaktif, multimedia, dan jaringan yang berbasis TIK. TIK memicu lahirnya berbagai model pembelajaran yang berbasis komputer. Computer Based Instruction ditandai dengan perubahan TCL ke SCL, dengan Computer Based Instruction pembelajaran menjadi lebih menarik, variatif, efektif, dan efisien. Computer Based Instruction terdiri dari dua pembelajaran, yaitu pembelajaran off-line dan pembelajaran on-line. Pembelajaran off-line yaitu Computer Based Learning, sedangkan pembelajaran on-line yaitu On-line Learning(Web Based Learning), E-Learning(Technologi Based Learning), dan Distance Learning(integreted System)
TIK sebagai sumber belajar
q    Menjawab Kebutuhan Informasi
1.    Mengintegrasikan TIK sebagai sumber  belajar
2.    Memastikan alamat-alamat situs yang akan dikunjungi
3.    Mengembangkan LKS berbasis PBK
4.    Membuat lembar refleksi diri
q    Layanan Yang Cepat dan Murah
1.    Meninggalkan kebiasaan satu sumber belajar
2.    Menggunakan ANEKA sumber belajar    
3.    Mengefektifkan penggunaan internet 
q    Informasi Terkini
1.    Cepat, terkoneksi ke semua sistem jaringan perpustakaan
2.    Terkini, informasi secara teratur diperbaharui
Tujuan utamnya agar pesan yang disampaikan mudah dimengerti oleh peserta didik. Tujuan khususnya memberikan pengalaman belajar yang berbeda, menumbuhkan sikap keterampilan berbasis T.I., menciptakan situasi belajar menyenangkan, menjadikan belajar lebih menarik, variatif, efektif, dan efisien.
Penggunaan TIK dalam pembelajaran pun memiliki beberapa kendala, yaitu, kesulitan dalam pengembangan program, infrastruktur yang belum memadai, SDM yang terbatas, gagap teknologi, kultur belajar yang sulit berubah, dan luasnya wilayah jangkauan dan belum meratanya kualitas penerimaan pesan.
3.           MODEL TEACHING AIDS PAUD BERBASIS TIK
A.   Pengertian Media
Menurut AECT media adalah sesuatu yang dapat digunakan untuk menjelaskan dan menyalurkan pesan atau informasi. Sedangkan menurut Anderson media adalah perlengkapan yang digunakan untuk menyalurkan pesan dan memungkinkan terjadinya interaksi antara siswa dan pesan.
Dari kedua pendapat diatas dapat disimpulkan media adalah suatu perlengkapan yang dapat digunakan untuk menjelaskan dan menyalurkan pesan sehingga memungkinkan terjadinya interaksi antara siswa dengan pesan.Penggunaan media dalam pembelajaran dapat meningkatkan daya ingat.
Selain itu, manfaat dari media pembelajaran yaitu menyederhanakan pesan, mengurangi verbalitis, menyamakan persepsi, menarik perhatian, menghemat waktu, dll.
Komunikasi Verbal daya ingatnya dalam 3 jam 70% dan # hari 10%, visual daya ingatnya 3 jam 72% dan 3 Hari 20 %, verbal+visual daya ingatnya 3 jam 85% Dan 3 hari 65%.
B.   Kriteria Media Pembelajaran
1)    Kesederhanaan
Penggunaan 1 slide untuk 1 konsep, rumus 6 x 6 untuk tulisan, huruf yang digunakan mudah dibaca, visual untuk pesan yang kompleks.
2)    Keutuhan
Keutuhan adalah keharmonisan dalam kesatuan pesan.
3)    Keseimbangan
Keseimbangan yang dimaksudkan adalah keserasian tata letak desain pesan pada bidang slide atau transparasi.
4)    Ketegasan
Teknik memberi penekanan pada bagian yang penting dengan memberi warna yang berbeda, garis bawah, perbesar tulisan ataupun arsiran.

C.   Klasifikasi Media
1)    Alat Bantu (Teaching AIDS)
Penggunaan lingkungan, benda sebenarnya, gambar, foto, nara sumber, taktil, model, dll.
2)    Media Pembelajaran
Penggunaan modul, program audio, program video, CAI, multimedia, dll.

D.   Klasifikasi Tecahing AIDS
1)    By Utilization (lingkungan, benda sebenarnya, nara sumber, fenomena alam, dll.).
2)    By Design (gambar, foto, slide, model, taktil, benda-benda rekayasa, komponen grafis, dll.).

E.   Prinsip Pemanfaatan Teaching AIDS PAUD
1)    Menyenangkan
2)    Bagian dari bermain
3)    Bermakna
4)    Melibatkan Multiple Intelegency
5)    Guru harus kreatif
6)    Mengoptimalkan “Teaching AIDSby utilization dan by design
7)    Dirancang dnegan baik, namun bersifat fleksibel.

Penggunaan Model Teaching AIDS merupakan salah satu upaya kreatif guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran PAUD dengan cara-cara menyenangkan.

F.    Prosedur Pemanfaatan Teaching AIDS dalam PAUD (Untuk Satu Tema Pembelajaran)

4.           DISTANCE EDUCATION
Distance Education atau Pendidikan Jarak Jauh adalah jenis pendidikan dimana peserta didik berjarak jauh jauh dari dari pendidik, sehingga pendidikan tidak dilakukan dengan cara tatap muka. Maka penyajian materi pembelajaran kepada peserta didik harus melalui media.
Pembelajaran yang digunakan pada Distance Education adalah Computer Based Learning, seperti On-line Learning, E-Learning, Distance Learning.

A.   On-Line Learning (Web Based Learning)
Yaitu pemanfaatan internet sebagai sumber belajar/informasi. Dalam Distance Education digunakan untuk melengkapi tugas terstruktur, pengayaan materi, referensi penunjang.
Keuntungan pemanfaatan WBL, yaitu mengatasi keterbatasan sumber belajar, memiliki jangkauan yang luas dan memberikan pelayanan yang cepat dan efisien.
Implikasi pemanfaatan WBL yaitu untuk memperbaiki infrastruktur lembaga pengguna (sarana-prasarana dan SDM) dan sosialisai & pembimbingan yang intensis ke semua siswa.

B.   E-Learning (Techologi Based Learning)
Yaitu pemanfaatan Teknologi Elektronik sebagai media pembelajaran. E-learning pada Distance Learning merupakan bagian integral dari materi pembelajaran, pengayaan materi pembelajaran.
Keuntungan penggunaan E-Learning yaitu mengatasi keterbatasan SDM, meningkatkan efisensi, pembelajaran menjadi lebih variatif dan inovatif.
Implikasi penggunaan E-Learning yaitu dalam pengembangan sistem pembelajaran ke E-Learning, tersedianya sistem jaringan yang memadai, dan penggunaan kualifikasi SDM.

C.   Distance Learning (Integreted System)
Yaitu pemanfaatan teknologi elektronik dan jaringan sebagai sistem pembelajaran. Digunakan dalam sistem pembelajaran yang menggunakan panduan belajar.
D.   Penggunaan Teknologi Dalam Pendidikan Jarak Jauh
1)    Teks
Sebagai bahan ajar cetak berupa modul elektronik.
2)    E-Learing
Berupa audio conferencing dan video conferencing.

5.           STANDARISASI MULTIMEDIA
A.   Karakteristik Multimedia Pembelajaran
1)    Mempermudah penerimaan pesan
2)    Mengefektifkan pencapain tujuan
3)    Mempersingkat waktu pembelajaran
4)    Memberi kesenangan dalam belajar

B.   Prinsip Pengembangan Multimedia Pembelajaran
1)    Ketercapaian tujuan pembelajaran    
2)    Kesesuaian dengan karakteristik sasaran
3)    Ketepatan dengan jenis materi pelajaran
4)    Kesesuaian dengan latar (setting)
5)    Memberi “kesenangan” dalam belajar
C.   Unsur-Unsur Naskah Multimedia Pembelajaran
Naskah berisi petunjuk teknis produksi yang bersifat universal. Naskah mengandung unsur-unsur:
1)    Identitas:  Berisi,  Judul, Sasaran, Durasi, dan Nama Penulis, dll.
2)    Petunjuk Visual:  Berisi, Keterangan gambar dan Teknis Produksi, dll.
3)    Petunjuk Audio:  Berisi, Keterangan audio yg  meliputi: Narasi, Musik, FX, dan Teknis Produksi, dll.


D.   Indikator Penilaian Naskah Multimedia Pembelajaran
Penilaian naskah multimedia pembelajaran dilihat dari desain pembelajaran, perancang interface dan kelayakan dalam produksi.

1)    Unsur-Unsur Penilaian Desain Pembelajaran
§  Ketepatan media dengan tujuan pembelajaran.
§  Ketepatan media dengan materi pelajaran.
§  Kesesuaian media degan sasaran (pengguna).
§  Ketercapaian tujuan pembelajaran.


2)    Unsur-Unsur Penilaian Interface Multimedia Pembelajaran
§  Ketepatan visual dengan: tujuan pembelajaran, materi pelajaran, karakteristik sasaran (pengguna) dan latar (lingkungan sosial anak).
§  Fungsi animasi untuk: memperjelas materi pelajaran, merupakan bagian dari pesan, dan memberi daya tarik visual.
§  Audio: kesesuaian musik dengan program/ thema, kesesuaian musik dengan karakteristik sasaran, ketepatan narasi dengan visual,k esesuaian narasi dengan karakteristik sasaran dan kecukupan narasi dengan tujuan pembelajaran.
§  Fungsi Teks: sebagai materi pelajaran, memperjelas materi pelajaran, hanya bagian dari pesan/materi pelajaran dan sebagai pilihan bagi sasaran tertentu.
§  Fungsi Transisi: sebagai perpindahan dari opening ke program, sebagai perpindahan antar pesan, sebagai perpindahan antar sub-topik dan sebagai perpindahan dari program ke clossing.

3)    Unsur-Unsur Penilaian Kelayakan Produksi
§  Ketersediaan software & hardware pendukung.
§  Keterampilan yang cukup.
§  Ketersediaan dana & dukungan dari lembaga.
§  Tidak melanggar ketentuan yang ada.

6.           PENELITIAN BERBASI TIK DALAM PAUD
A.   Kawasan Penelitian TIK
1)    Computer Based Learning
2)    On-line Learning
3)    E-Learning
4)    Distance Learning
B.   Kelebihan Penggunaan TIK dalam Pendidikan
1)    Kelas tidak membutuhkan bentuk fisik.
2)    Program dapat di-update secara cepat.
3)    Interaksi dapat bersifat real time.
4)    Mengakomodasi seluruh proses belajar.
5)    Dapat diakses dari lokasi mana saja.
6)    Materi dirancang secara multimedia.
7)    Peserta belajar terhubung keseluruh perputakaan dunia.

C.   Kelemahan Penggunaan TIK dalam Pendidikan
1)    Buruknya perencanaan penggunaan sehingga tidak sesuai kebutuhan.
2)    Pengguna tidak mengenal secara baik sistem yang digunakan.
3)    Permasalahan bendwidth yang kecil.

D.   Hasil Penelitian Penggunaan TIK dalam Pendidikan
1)    Kualitas siswa jauh lebih baik dibanding.
2)    kelas kovensional.
3)    Siswa antusias mengikuti dan menyelesai.
4)    kan keseluruhan proses.
5)    Adanya tingkat kepuasan pada siswa.
6)    Siswa dpt menyelesaikan seluruh fungsi.
7)    sistem dengan baik.

SUMBER:
Bahan Ajar Mata Kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi Dr. Robinson Situmorang.



31 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Manfaat belajar TIK bagi mahasiswa/pelajar yaitu dapat mempermudah untuk menemukan wawasan baru yang membuat seseorang untuk menjadi sekreatif mungkin dan mempermudah berkomunikasih melalui internet seperti pada jaman yang sekarang ini banyak penggunaan pengunaan aplikasi baru seperti whatshap yang dapat mempermudah untuk berkomunikasi dengan keluarga yang jauh.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Akan tetapi,di saman yang semakin maju ini, banyak sekali orang tua yang memberikan kebebasan bagi anak usia dini dalam menggunakan handphone, padahal handphone bagi anak usia dini, sangatlah tidak bagus untuk perkembangan anak tersebut.

    BalasHapus
  7. Kita sebagai calon pendidik harus Keratif mengintegrasikan model teaching AIDS dengan cara-cara yang menyenangkan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan sempurna.
    Adapun model Teaching AIDS menurt Gardnert yang mengarah pada kecerdasan jamak yaitu :

    a. Linguistik

    b. Matematika logis

    c. Spasial

    d. Kinestetik jasmani

    e. Musikal

    f. Interpersonal

    g. Intrapersonal

    h. Natural

    i. Eksistensialis jamak :

    a. Linguistik

    b. Matematika logis

    c. Spasial

    d. Kinestetik jasmani

    e. Musikal

    f. Interpersonal

    g. Intrapersonal

    h. Natural

    i. Eksistensialis

    Jadi untuk kita calon pendidik, kita harus lebih kreatif agar anak-anak lebih mudah dengan belajar dan dari ke kreatifan seorang pendidik anak selalu merasa senang. Dan dari situlah tujuan pembelajaran yang kita buat dapat tercapai.

    BalasHapus
  8. Nama : Dania Nur Amanah


    Perkembangan TIK saat ini sangat mengalami kemajuan yang pesat dari waktu ke waktu. Sebagai pengguna, alangkah baiknya jika kita menggunakannya dengan sebaik-baiknya terutama untuk hal yang positif. Saat ini kita dapat dengan mudah mendapatkan informasi dari berbagai sumber dan memudahkan kita dalam berkomunikasi. Namun,kita jangan serta merta menerima berita- berita yang belum jelas kebenarannya apalagi jika itu untuk disampaikan kepada orang lain. Perkembangan TIK sangatlah berpengaruh bagi keseharian termasuk dalam perkembangan AUD. Oleh karena itu, sebagai calon pendidik hendaknya kita memberikan informasi yang baik bagi perkembangan anak agar dapat tumbuh dan berkembang dengan sesuai harapan.

    BalasHapus
  9. Nama : Emilia
    Stambuk : A 411 17 066

    Perkembangan TIK saat ini dapat membawa dampak positif maupun negatif terhadap penggunanya jika tidak pandai-pandai dalam memilah informasi yang diterima. Pemanfaatan TIK sangat memudahkan kita dalam berbagai hal baik dalam aspek pekerjaan, pendidikan dan lain-lain. Tidak dapat dipungkiri saat ini anak-anak telah mengikuti perkembangan TIK secara tidak langsung sebab anak-anak sudah mengenal gadget, komputer, dan lain-lain. Oleh sebab itu, khususnya orang tua harus memperhatikan dan mengawasi anak dalam memainkan gadjet ataupun komputer.

    BalasHapus
  10. Di zaman seperti sekarang ini kita tidak asing lagi dengan namanya TIK,Didalam TIK terdapat pelajaran yang bisa kita ambil entah itu negatif atau positif sangat berpengaruh ke dalam kehidupan kita.Sebagai calon pendidik atau orang tua nantinya kita harus mengerti bagaimana menggunkan teknologi dengan baik khususnya untuk anak usia dini,contohnya seperti Mengenalkan Apa itu Hp, dan alat-alat komunikasi lainnya serta mendampingi anak saat menggunakan Alat tersebut dan membatasi waktu penggunaannya agar tidak berdampak buruk terhadap kesehatannya.Terkadang orang tua memberikan Kebebasan anaknya menggunakan Hp asalkan anaknya tidak menangis, khasus seperti ini harus kita hindari,karena anak sekecil itu sudah di berikan Hp akan berdampak buruk terhadap perkembangan anak, ya sekarang ini belum di kita liat dampaknya akan tetapi puluhan tahun kedepannya akan kelihat,sepeti:matanya rusak dan harus pakai kaca mata akibat radiasi hp yang udah mengakibatkan mata sianak ini rusak,dan dampak lainnya seperti anak ini gak mau belajar karena udah terpengaruh otaknya disebabkan seringnya bermain hp.

    BalasHapus
  11. Nama : kirani


    teknologi komunikasi dan informasi dalam pendidikan in sangat bermanfaat bagi kita semua. Penggunaan TIK dalam Pendidikan
    Kualitas siswa jauh lebih baik dibanding,kelas kovensional,Siswa antusias mengikuti dan menyelesaikan keseluruhan proses,Adanya tingkat kepuasan pada siswa,Siswa dpt menyelesaikan seluruh fungsi sistem dengan baik.

    BalasHapus
  12. TTIK adalah salah satu multimedia yang paling banyak digunakan pada jaman sekarang karena dengan adanya TIK kita sebagai pelajar atau mahasiswa dapat dengan mudah memperoleh informasi dan berkomunikasi melalui teknologi seperti handphone.

    BalasHapus
  13. Nama: Andi sartika dewi
    Stambuk: A41117093

    Dalam perkembangan TIK pada zaman sekarang ini peran guru dan orang tua sangatlah penting untuk menjelaskan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan anak saat menggunakan peralatan TIK, baim saat belajar maupun bermain game

    BalasHapus
  14. Bersamaan dengan pengenalan TIK, guru dan orang tua perlu menjelaskan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan anak saat menggunakan peralatan TIK baik saat belajar maupun bermain game, baik di rumah saat sendirian, atau saat di warnet bersama teman-temannya.

    BalasHapus
  15. Nama : Moudy Wahyuningsih
    Nim : A 411 17 090
    D zaman yang semakin maju, canggih dan modern ini, ilmu TIK sangat di perlukan dalam segala hal.
    Akan tetapi, apabila kita menggunakannya dengan baik maka akan berdmpak positif. Begitupun sebaliknya.
    Dan kita sebagai seorang calon pendidik atau seorang pendidik mengenalkan ilmu TIK kepada anak-anak degan baik agar berdampak positif bagi anak-anak,terutama anak usia dini.

    BalasHapus
  16. Nama Delima


    Teknologi informasi tidaklah menjadikan manusia malas justru membuat karya selalu berlimpah tanpa batas dan tik juga sebagai sarana manusia untuk mengeatahui informasih yang ada didunia

    BalasHapus
  17. Teknologi infomasi sangat bagus untuk semua orang tapi jika di pergunakan untuk anak usia dini terus menerus tidak baik untuk kesehatan mereka seperti tv,hp dan lain-lain.dengan tik manusia dengan jadi lebih cepat berkerja dan beraktivitas dalam kehidupan

    BalasHapus
  18. Nama : Nur Ainun


    Pada zaman modern ini TIK sangatlah berpengaruh bagi siapa saja dan dapat mempengaruhi berbagai bidang di lingkungan sekitar kita. Jika di kaitkan dengan AUD dimana pada usia ini anak menerima informasi tanpa menyaringnya, sehingga harus ada yang memperhatikannya yaitu orang terdekat ataupun di lingkungan sekitarnya. Dengan begitu, anak akan lebih banyak mendapatkan dampak positif dari TIK dan terutama untuk tumbuh kembangnya.

    BalasHapus
  19. Di zaman skrang ini TIk memang sangatlah penting ,bagi kehidupan sehari-hari ,tetapi bagi anak usia dini sangat berpengaruh terhadap perkembanganya jika orang tua membebaskan anaknya untuk mengunakan tanpa batas.

    BalasHapus
  20. Fitriyani ridwan:
    Penjelasan nya sudah bgus ibu.

    BalasHapus
  21. Nama: astuty
    Stambuk:A41117058
    Tik sangat membantu dalam segala hal mulai dari kebutuhan, pekerjaan, dan sebagai sosial media bagi masyarakat. Dan tik sendiri memiliki dua pengaruh. Yaitu positif dan negatif.

    BalasHapus
  22. Nama:kurnia nasir
    stambuk:A41117065

    terimakasih atas penjelasan tentang tik pendidikan semoga bermanfaat untuk kita sebagai calon pendidik

    BalasHapus
  23. Nama : zaitun S. Balosi
    Stambuk : A41117094

    Mempelajari perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia dapat memberikan beberapa manfaat diantaranya adalah kira dapat mengetahui dan memahami beberapa teknologi komunikasi di Indonesia yg di awali sejak jaman penjajahan sejak kini.

    BalasHapus
  24. Nama : hajina
    Stambuk : A41117095

    Pada masa ini TIK juga memunculkan computer pentium iv dengan rosesor yang lebih canggih dibandingkan dengan pantium III

    BalasHapus
  25. Nama: ingky nadyastari
    Nim : A41117086

    Perkembangan teknologi dikalangan saat ini dapat memudahkan pekerjaan tergantung bagaimana kita menggunakan teknologi yang dapat bermanfaat bagi kita dan orang lain.

    BalasHapus
  26. Nama : Dela safira
    Nim : A41117062

    Melalui pemanfaatan tik, kita dapat meningkatkan mutu pendidikan yaitu dengan cara membuka lebar-lebar terhadap akses ilmu pengetahuan dan penyelenggaraan pendidikan bermutu.

    BalasHapus
  27. Nama:Ananda elka hartisa
    Stambuk:A41117088

    Dalam dunia pendidikan perkembangan Tik mulai di rasa mempunyai dampak yang positif karena dengan berkembangnya Tik dunia pendidikan mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan

    BalasHapus
  28. Nama :devianti
    Nim :A41117057
    Perkembangan teknologi pada masa modern ini sangat bermanfaat bgi masyarakat agar bisa mengakses atau mencari informasi baik itu dalam negeri atau luar negeri dan juga dapat bersaing dikalangan masyarakat lainnya

    BalasHapus
  29. Nama:nur aprilia
    Stambuk:A41117064
    Kelas:B

    Pada zaman ini tik sangatlah berpengaruh dalam lingkungan masyarakat. Baik itu dalam kegiatan sehari-hari ataupun dalam kegiatan perkantoran.

    BalasHapus